Dieng Platheu Theater, Tempatnya Mengenang Sejarah Dieng

Dieng Platheu Theater

sikatdiengtour.co.id – Dieng Platheu Theater digagas oleh Gubernur Jawa Tengah, H. Mardiyant, dan diresmikan oleh Presiden Republik Indnesia ke 6, Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2007. Tempat ini dilengkapi dengan sarana audio visual, menampilkan film dokumenter tentang Dieng. Berdurasi kurang lebih 23 menit, dengan kapasitas pengunjung 100 orang. Bentuk bangunan dirancang dengan arsitektur bergaya klasik dan berundak-undak.

Dieng Platheu Theater, Tempatnya Mengenang Sejarah Dieng

Dieng Platheu Theater berada di ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut. Berlokasi di lereng bukit Sikendil, berjarak kurang lebih 1,5 kilometer dari pertigaan masuk Dieng, dan hanya 150 meter dari lokasi Telaga Warna. Area wisata ini juga difasilitasi dengan pintu masuk ke area Telaga Warna, dan Batu Pandang Ratapan Angin.

Dieng Platheu Theater merupakan objek wisata buatan di kawasan wisata Dieng. Berupa gedung bioskop yang menampilkan film dokumenter tentang Dieng. Baik berbagai peristiwa alam beberapa tahun silam, sejarah, budaya masyarakat setempat hingga potensi yang dimiliki oleh dataran tinggi Dieng. Oleh karena itulah Dieng Platheu Theater sangat cocok bagi para pelajar maupun wisatawan yang ingin mengetahui berbagai misteri yang ada di dataran tinggi Dieng.

Dengan adanya Dieng Platheu Theater. Kini tersedia wahana yang bisa memberikan informasi deskriptif mengenai Dataran Tinggi Dieng. Sehingga wisatawan yang berkunjung ke Dieng memiliki satu akses yang bisa dipertanggungjawabkan untuk mendapatkan informasi akurat. Selain menyediakan gedung pertunjukan film dokumenter, Dieng Platheu Theater juga dilengkapi dengan area parkir cukup luas, taman untuk bersantai, dan pemandangan alam sangat menakjubkan.

20 Tempat Wisata Dataran Tinggi Dieng Paling Populer dan Terfavorit

Dari lokasi inilah wisatawan bisa menikmati topografi Dieng yang bergunung-gunung. Beberapa gunung yang tampak dari objek wisata ini antara lain Gunung Perahu, Gunung Gajah Mungkur, Gunung Pangamun-amun, Gunung Pangonan, Gunung Nagasari, Gunung Juranggrawah, dan Gunung Sipandu. Terlepas dari acara pertunjukan film dokumenter, area Dieng Plateau Theater juga menjadi tempat ideal untuk bersantai dan beristirahat para wisatawan.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *