Kawah Sileri Dieng, Kawah Terluas di Dataran Tinggi Dieng

Kawah Sileri Dieng

sikatdiengtour.co.id – Kawah Sileri Dieng berada di kecamatan Batur, kabupaten Banjarnegara. Jika ditempuh menggunakan kendaaraan mungkin sekitar 20 menit saja. Kawah sileri ini merupakan kawah vulkanik aktif, yang tercatat telah meletus beberapa kali, yang terkahir yaitu tahun 2009.

Kawah Sileri Dieng, Kawah Terluas di Dataran Tinggi Dieng

Saat ini kawah sileri sudah mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan karena keindahan dan bentuknya yang besar serta aman. Kawah Sileri sendiri memang tidak begutu ramai dengan penjual, tidak seperti di kawah sikidang atau tempal wisatawa lainnya di Dieng. Namun jika anda berkunjung kesana, wisatawan juga bisa menikmati beberapa objek wisata yang berada di sekitar kawah sileri tersebut seperti sumur jalatunda, kawah merdada, Telaga Dlingo, Kawah Condrodimuko.

Kawah sileri berada di kabupaten banjarnegara. Jika anda menuju Dieng dari arah kota Wonosobo, silahkan ambil arah yang ke kanan atau menuju ke desa Batur, Banjarnegara. Selama perjalanan menuju ke kawah sileri ini, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan alam Asri. Pastinya ini akan menambah kesejukan di mata anda. Wisatawan akan melihat plang bertuliskan objek wisata kawah sileri. Jalan untuk menuju ke sana agak sedikit masuk kedalam gang. Setelah sampai di Area kawah Sileri, wisatawan bisa menikmati kawah dengan asap dan bau belerang itu dari atas maupun jalan turun sedikit sekitar 300 meter guna melihat dari dekat.

Kawah ini adalah kawah terebesar di Dieng yangmenjapai luas 4 hektar, dan pernah meletus beberapa kali. Kawah ini juga mengeluarkan asap putih yang menganduk vulkanik. Air yang ada dalam kawah sileri ini berwarna putih kental seperti air tajin / air beras. Air kawah ini mengalir melaui sungai kecil, dan dimanfaatkan warga sekitar untuk mengaliri perkebunan mereka.

20 Tempat Wisata Dataran Tinggi Dieng Paling Populer dan Terfavorit

Legenda yang dipercayai masyarakat sekitar tentang terbentuknya kawah sileri ini yaitu berawal dari seseorang yang ingin bersemedi untuk menambah ilmu. Orang tersebut membeawa beberapa perlengkapan yang diberikan oleh gurunya diantaranya yaitu kendi kecil yang berisikan air putih kental seperti susu / tajin. Dalam perjalannya orang tersbut mengalami musibah dan jatuhlan kendi tersebut sehingga tumpah dan jadilah kawah selieri / kawah yang memiliki air berwarna putih.

Perairan di perkebunan sekitar: air ini digunakan oleh warga sekitar untuk mengairi tanaman mereka agar tetap tumbuh dengan baik
Pemandian air hangat: Digunakan oleh pelaku wisata yang membuat suatu waterpark disana. Air yang digunakan dalam waterpark tersbut berasal dari air kawah sileri.
Objek Wisata: Pasitnya tempat ini merupakan objek wisata alam yang langka di Dunia. Wisatawan dapat menikmati keindahannya dengan bersantai di gazebo yang telah disediakan oleh pengelola tempat tersebut.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *