Museum Kaliasa, Tempat Peninggalan Purbakala Dataran Tinggi Dieng

Museum Kaliasa

sikatdiengtour.co.id – Museum Kaliasa, di obyek wisata yang satu ini, kamu bisa melihat berbagai temuan dan peninggalan purbakala berupa prasasti, arca, maupun potongan-potongan candi. Lokasinya ada di lereng Bukit Semurup, tepatnya di Komplek areal milik Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah. Secara administratif, Museum Kaliasa berlokasi di Desa Dieng Kulon, Batur, Kabupaten Banjarnegara. Obyek wisata yang satu ini juga bersebrangan dengan obyek wisata yang lainnya, yaitu Candi Gatutkaca.

Museum Kaliasa, Tempat Peninggalan Purbakala Dataran Tinggi Dieng

Museum Kailasa berada di lereng Bukit Semurup. Di Komplek areal milik Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah yang secara administratif masuk dalam wilayah Desa Dieng Kulon, Batur, Kabupaten Banjarnegara. Berada di Seberang Candi Gatutkaca atau sekitar 500 meter ke arah selatan dari Komplek Candi Arjuna Dieng.

Museum Kailasa didirikan tahun 1984. Namun baru diresmikan pada bulan juli tanggal 28 2008 oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata yang menjabat Kala itu, Bp. Jero Wajik.

Nama Kailasa diambil dari nama gunung tempat tinggal Dewa Syiwa. Nama tersebut diambil mengingat sejarah dan latar belakang budaya Dieng. Budaya Dieng yang kental dengan Budaya pemujaan terhadap Dewa Syiwa. Hal tersebut diketahui dari Penemuan-penemuan Candi dan Prasasti di Daerah ini.

Di areal seluas kurang lebih setengah hektar persegi, Museum ini menyimpan berbagai benda-benda bersejarah dilengkapi informasi-informasi yang beraneka-ragam seputar sejarah Dieng.

20 Tempat Wisata Dataran Tinggi Dieng Paling Populer dan Terfavorit

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *