Sumur Jalatunda, Fenomena Geologi Dataran Tinggi Dieng

Sumur Jalatunda

sikatdiengtour.co.id – Jarak dari wisata utama Dieng sekitar 8 KM saja ke arah barat. Anda bisa menikmati pemandangan sumur Jalatunda yang luar biasa besarnya sehingga terkenal sebagai sumur raksasa di Dieng.

Sumur Jalatunda, Fenomena Geologi Dataran Tinggi Dieng

Dari arah Wonosobo menuju ke Dieng. Setelah sampai di pertigaan Dieng silahkan anda belik ke Kanan / menuju ke arah banjarnegara / Dieng kulon. Lurus terus hingga kurang lebih 8 km anda silahkan bertanya kepada warga setempat dimana letak sumur tersebut atau anda bisa membaca petunjuk jalan yang ada.

Apabila dilihat secara kasat mata, maka bentuknya tidak seperti sumur pada umumnya. Bentuknya lebih seperti kolam besar yang alami dan dipenihi dengan air seperti di hutan rawa. Namun itu semua tidak menjadi masalah yang terpenting adalah bagaimana kita bisa menjaga dan merawatk kelestarian alam pemberian Tuhan Yang Maha Esa.

Sumur Jalatunda tepatnya berada di daerah dieng kulon / masuk di kabupaten banjarnegara. Sumur ini sendiri terbentuk akibat letusan gunung purba Dieng di jamannya. Dari beberapa sumber terkait sumur jalatunda ini didasari oleh cerita pewayangan bumi sapta pratala yang meiliki arti “bumi lapis tujuh” Dimana diyakini bahwa ada yang bersemayan didalamnya seperti Antaboga, Antareja, Nagagini.

Sampai saat modern ini sebagian kepercayaan masih ada, bahwasannya jika seseorang dapat melempar batu sampai di dinding ujung sumur jalatunda tersebut maka permintaan / citacitanya dapat terkabulkan.

20 Tempat Wisata Dataran Tinggi Dieng Paling Populer dan Terfavorit

Kamu tahu sumur kan? Pasti tahu. Tapi beda dengan sumur yang satu ini. Sumur ini tidak ada campur tangan dari manusia saat pembentukannya. Sumur ini terbentuk akibat adanya fenomena geologi yaitu letusan dari gunung berapi jutaan tahun yang lalu. Lambat laun, lubang bekas dari letusan gunung berapi terisi oleh air sampai saat ini. Sumur ini memiliki kedalaman sekitar 90 meter. Memang obyek yang satu ini masih jarang di kunjungi oleh wisatawan karena letaknya yang tersembunyi. Tapi buat kamu yang mau berwisata ke Dataran Tinggi Dieng. Tempat ini wajib ada di daftar tempat yang wajib kamu kunjungi.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *