Telaga Menjer Dieng, Telaga Terluas di Kaki Gunung Pakuwojo

telaga menjer dieng

sikatdiengtour.co.id – Telaga Menjer Dieng terletak di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk mencapai Telaga ini cukup mudah karena karena bisa ditempuh dengan mobil maupun motor roda dua. Anda juga bisa menggunakan ojek jika tidak membawa kendaraan pribadi.

telaga menjer dieng

Telaga Menjer Dieng, Telaga Terluas di Kaki Gunung Pakuwojo

Jalur yang digunakan menuju Telaga Menjer Dieng ini adalah via Garung. Jaraknya dari kota Wonosobo via Garung sekitar 12 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Jika menggunakan kendaraan pribadi akan bertemu dengan Pasar Tradisional Garung. Tidak jauh dari pasar, Anda akan menjumpai pertigaan. Dari pertigaan jalan terus dengan mengambil jalur ke arah PLTA Garung. PLTA Garung inilah penanda sampainya Anda di lokasi Telaga Menjer Dieng.

Telaga Menjer Dieng merupakan telaga alami terluas di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng, telaga yang berada di ketinggian 1300 mdpl ini luasnya kira-kira 70 hektar dengan kedalaman sekitar 50 meter. Bertahun-tahun yang lalu terjadi letusan vulkanik di kaki Gunung Pakuwaja. Dari letusan ini terbentuklah cekungan yang sangat luas dan dalam. Lama-lama cekungan tersebut dipenuhi air hujan dan beberapa mata air dan terbentuklah Telaga Menjer.

Nama Telaga Menjer Dieng cukup dikenal baik dalam dan luar negeri. Tahun 1905 seorang warga asing berkebangsaan Belanda yang terpesona dengan keindahan Telaga Menjer. Ia lalu mendokumentasikan dan mempublikasikannya hingga tahun 1940. Data dokumentasi Telaga ini oleh warga Belanda ini kemudian diarsipkan di Belanda. Jadi, berkat publikasi warga Belanda inilah Telaga Menjer sudah dikenal oleh berbagai pihak termasuk orang-orang di Negeri Kincir Angin tersebut.

20 Tempat Wisata Dataran Tinggi Dieng Paling Populer dan Terfavorit

Di kawasan Wisata Telaga Menjer Dieng terdapat sampan-sampan kayu yang disewakan kepada pengunjung yang ingin menelusuri telaga terluas di Dieng ini. Airnya yang jernih dan pemandangan sekitar yang indah dan syahdu benar-benar memanjakan pengunjung. Di tepian telaga terdapat taman-taman kecil tempat pengunjung duduk menikmati pesona alam kawasan Menjer. Selain itu, jika memandang ke atas perbukitan yang mengelilingi Telaga, Anda akan melihat hijaunya hamparan perkebunan teh. Pemandangan yang bagus untuk Anda yang ingin rileks sejenak melupakan rutinitas yang melelahkan.

Terdapat budidaya ikan di Telaga Menjer yang juga menguntungkan masyarakat untuk mata pencarian. Pengunjung juga diperbolehkan memancing di telaga. Tersedia penyewaan dan penjualan alat pancing di sekitar Telaga. Selain sebagai tempat wisata, air Telaga ini juga digunakan warga sekitar untuk irigasi lahan pertanian dan menjadi sumber untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Garung sejak tahun 1982.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *